Keuntungan Dan Kerugian Memiliki Tato Permanen

Memiliki tato memang kadang merugikan secara sosial karena di mata orang kebanyakan, tato sering diidentikkan dengan preman. Namun, memiliki tato tidak selalu merugikan secara psikologis maupun medis, kadang-kadang memiliki tato bahkan memberikan keuntungan bagi seseorang.

dr Andriawati Soewono, dokter kecantikan dari Skin Plastic Surgery and Aesthetic Clinic, RS Siloam Kebon Jeruk, mengatakan bahwa terkadang tato memang memiliki resiko kesehatan. Resiko untuk terkena beberapa penyakit mematikan, seperti Hepatitis dan Human Imunnodeficiency Virus (HIV) bisa menular, jika pengerjaan tato tidak steril.

Alergi terhadap tinta tato, yaitu rasa gatal-gatal dan kulit yang kemerahan adalah resiko lainnya yang juga mungkin terjadi. dr Andriawati tidak ingin memberi kesimpulan bahwa tato dapat digambarkan dengan efek yang merugikan meski beliau menghimbau para penggemar tato untuk tetap waspada.

dr Andriawati mengatakan bahwa “sebenarnya asal pengerjaannya steril dan tidak punya alergi dengan tinta tato, saya pikir tidak ada masalah.”

Di negara barat tato justru digunakan untuk keperluan medis. Untuk menggambarkan kondisinya, para pengidap penyakit kronis sering membuat tato, misalnya dengan membuat tulisan I am Diabetic sehingga orang dengan penyakit tersebut bisa mendapat pertolongan yang tepat pada saat terjadi sesuatu dengan dirinya.

tato-kelebihan

Berikut ini adalah beberapa keuntungan dan kerugian ketika Anda memiliki tato permanen, yaitu :

Memiliki tato permanen, dapat menimbulkan beberapa kerugian, yaitu :

> Karena proses pembuatann tato menggunakan jarum yang berisi tinta sesuai dengan warna yang diinginkan, maka pada saat tubuh seseorang sedang ditato, maka akan timbul rasa sakit.

> Biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat tato tidaklah murah.

> Karena sifatnya yang permanen, maka tidak mudah untuk menghilangkan tato permanen. Kalaupun Anda ingin menghapusnya, harganya sangatlah mahal dan tidak selalu berhasil 100 persen serta kadang meninggalkan bekas.

> Warna dari tato tersebut bisa memudah setelah bertahun-tahun atau dari gambar tato tersebut akan muncul garis-garis patahan.

> Perubahan mode dan tren mengakibatkan tato Anda bisa saja ketinggalan jaman, bisa saja saat ini gambar tersebut sedang tren tapi beberapa tahun ke depan gambar tersebut akan menjadi hal yang kuno.

> Pada saat berusia 20-an tahun, mungkin tato masih akan terlihat menarik, namun setelah Anda berusia di atas 50-an tahun maka tato tersebut akan menjadi hal yang aneh.

> Pada setiap pembuatan tato, ada resiko infeksi yang bisa saja terjadi, misalnya tinta yang digunakan mengandung zat-zat yang berbahaya atau jarum yang digunakan tidak steril.

Namun, di sisi lain, ternyata memiliki tato ternyata juga dapat memberikan keuntungan, yaitu :

> Tato bisa saja menjadi ciri khas dari seseorang

> Di dalam tato, tergambar kepribadian, pesan yang bermakna atau seni bagi pemilik tubuh tersebut.

> Jika memiliki sesuatu yang berbeda dengan orang lain, maka orang tersebut akan memiliki kepuasan tersendiri.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s