8 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membuat Tattoo Pertama

tato

Sekarang ini tampaknya semua orang punya tattoo. Padahal dahulu tattoo hanya identik dengan pelaut, geng motor, bahkan kriminal, tetapi sekarang sepertinya tattoo telah menjadi riasan tubuh yang populer untuk banyak orang. Dan bentuknya pun bukan lagi hanya berupa jangkar, tengkorak, dan kapal perang, tetapi tulisan cantik, desain tribal, hingga simbol yang dibuat sendiri. Orang-orang kini telah menemukan cara untuk megekspresikan dirinya melalui tattoo.

Mungkin Anda juga pernah terpikir untuk membuatnya. Tetapi sebelum Anda pergi ke studio tattoo terdekat dan menggulung lengan baju Anda, berikut adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui.

Risiko membuat tattoo

Jika Anda menyuntikkan zat apapun ke kulit Anda, selalu ada risiko munculnya infeksi. Beberapa risiko yang mungkin terjadi adalah hepatitis, infeksi, atau munculnya kutil. Menggunakan jarum atau tinta yang tidak steril dapat menyebabkan infeksi, jadi pastikan pembuat tattoo Anda mengikuti aturan keamanan untuk menjaga Anda tetap sehat dan bebas infeksi. Risiko infeksi inilah yang membuat para ahli memberikan regulasi untuk menunggu paling cepat 1 tahun bagi Anda yang membuat tattoo untuk dapat mendonorkan darah. Dalam 1 minggu pertama sangatlah penting untuk mengambil semua tindakan yang disarankan untuk mencegah terjadinya infeksi.

Adapun risiko kecil lain adalah jika Anda alergi terhadap pigmen tattoo. Jika iya, maka hal itu akan menjadi masalah besar karena pigmen tattoo sangat sulit untuk dihilangkan. Bahkan sangat mungkin terjadi reaksi alergi meski Anda telah memiliki pigmen itu selama bertahun-tahun. Granuloma alias bintil yang mungkin muncul di sekitar material yang dianggap asing oleh tubuh, termasuk juga salah satu risiko. Keloid (luka yang tumbuh melebihi batas normal) dapat juga muncul setiap kali Anda terluka atau membuat kulit Anda trauma.

Memastikan keamanan tattoo

Anda harus memastikan bahwa Anda akan ditattoo oleh seniman tattoo profesional yang mengetahui standar prosedur keamanan untuk menato. Studio tattoo Anda harus memiliki sertifikasi sterilisasi (jangan takut untuk menanyakan apakah Anda boleh melihatnya). Anda juga harus memastikan bahwa seniman tattoo Anda memakai sarung tangan. Obat salep, tinta, air dan barang lain harus dikembalikan ke tempatnya setelah digunakan untuk menato seseorang.

Penghapusan tattoo

Banyak sekali orang yang membuat keputusan untuk mendapatkan tattoo ketika mereka tiba-tiba merasa ingin, atau ketika mereka sedang merasa impulsif dan ternyata kemudian menyesalinya. Mau tak mau, tattoo pun harus dihapus. Penghapusan tattoo bisa jadi sangat menyakitkan – seperti dijepret karet gelang kemudian diikuti sensasi kulit terbakar. Biayanya pun tergantung pada ukuran tattoo, penghapusan menggunakan laser dapat memakan biaya minimal 3 juta per sesi dan Anda bisa saja memerlukan 1-10 sesi untuk membuat tattoo Anda hilang secara sempurna.

Rasa sakit saat ditattoo

Level rasa sakit yang Anda rasakan selagi ditattoo dapat bervariasi pada tiap orang. Jika boleh jujur, semua orang pasti merasa sakit saat ditattoo. Tetapi ini bukanlah tipe sakit yang tak tertahankan. Tidak akan terasa seperti ditikam atau apapun yang ekstrem. Lebih seperti rasa sakit yang mengganggu, seperti dicubit-cubit kecil. Rasa sakit juga akan bergantung pada area kulit yang akan ditattoo. Jika Anda ditattoo di bagian kulit yang tipis dan sensitif, atau yang dekat dengan tulang atau nadi Anda, maka akan terasa lebih sakit.

Biaya tattoo

Jika menyangkut tattoo, jangan pikirkan urusan berhemat. Pastikan Anda melakukan perhitungan sebelumnya, dan berhati-hatilah jika seorang seniman tattoo memberikan harga yang lebih murah dibandingkan yang lain. Lebih baik membayar lebih demi seniman tattoo yang resmi dibanding tukang tattoo jalanan. Dan juga, jangan pernah melakukan tawar menawar dengan seniman tattoo, karena bagi mereka itu merupakan suatu tindakan yang tidak menghargai mereka. Dan akuilah, Anda tidak akan mau ditattoo permanen oleh seseorang yang sedang kesal kepada Anda.

Waktu terbaik untuk ditattoo

Beberapa ahli percaya bahwa waktu terbaik untuk ditattoo adalah saat tattoo bisa mendapat banyak waktu untuk melakukan pemulihan dan terlindungi. Jika Anda akan berlibur ke pantai dalam waktu dekat, hindari dulu membuat tattoo, karena sinar matahari, keringat, dan bahkan air klorin dalam kolam renang bisa merusak tattoo baru Anda.

Kondisi kesehatan saat ditattoo

Bukanlah ide terbaik untuk ditattoo saat Anda sedang sakit. Anda memerlukan sistem imun Anda dalam keadaan 100%. Sel darah putih Andalah yang menolong Anda menyembuhkan bekas tattoo, dan jika tubuh Anda sibuk memerangi virus dan bakteri, sel tersebut tidak akan bisa bekerja seperti semestinya. Jika Anda telah mem-booking sesi tattoo tetapi kemudian jatuh sakit, telepon dan perbaharuilah jadwal Anda.

Pentingnya cukuran sebelum ditattoo

Ketika Anda ditattoo, area yang akan ditattoo harus dicukur bersih terlebih dahulu, sehingga Anda akan memulai dengan kulit yang polos. Setelah beberapa hari, pangkal rambut/bulu akan mulai tumbuh dan Anda merasa ingin mencukurnya, tetapi bercukur dapat berakibat fatal untuk tattoo Anda. Karena luka Anda masih baru, bercukur akan meningkatkan risiko rusaknya tattoo Anda. Lebih aman jika Anda bercukur ketika tattoo Anda sudah sampai pada tahap mengelupas, jadi pastikan Anda bertanya pada seniman tattoo Anda tentang jangka waktu penyembuhannya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s